Feeds:
Pos
Komentar

Sawarna edisi team dagelan

Gambar

team dagelan

sebuah trip yang berawal dari rasa kangen gw dan kang hadi dengan 2 orang kawan yg bisa dibilang mempunyai tingkat kewarasan dibawah rata rata :D 2 orang yang ketika bertemu membuat kami serasa berada di betawi, dengan logat dan celotehannya yg khas. mereka Gopak (farry gunawan) dan fearley….

sawarna dipilih dibandingkan ujung genteng, alasannya karena belom pernah :D. tebar ajakan dijejaring sosial, sempat beberpa mengajukan diri ikut ya tapi menjelang hari H mundur. kang hadi sendiri sempat mengingatkan kalo diantara gopak atau ferly  cancel maka trip ikut dicancel. bagi tugas dengan kang hadi, gw bagian cari mobil rental, driver, dan info soal penginapan. sementara kang hadi bertugas booking penginapan dan meyakinkan 2 mahluk ghoib itu untuk ikut.

menjelang hari H hanya 5 orang yg positif ikut (gw, rai (kawan gw yg menyetujui untuk mengemudi), kang hadi, gopak serta ferly). karena dirasa terlalu berat patungan biaya klo cuma ber5 akhirnya kang hadi mengajak rekan kerjanya (pram) sementra gw mengajak sheffa

7 desember 2012

jam 21.30 rai datang kerumah, setelah istirahat dikamar gw 30 menit kemudian menuju rumah kang hadi dimana disana gopak sudah nunggu. sementara ferly mengabarkan sudah dibaranang siang setelah berhasil bikin gw dan kang hadi degdegan gara gara ga ada kabar. sementra shefa baru naek bus di pasar rebo.

jemput ferly dan pram di baranangsiang, kami menuju ciawi untuk menunggu shefa yg baru berangkat jam 22.30 dengan bus tasik via ciawi.

2 gelas kopi dan beberapa batang rokok dihabiskan hingga bus yg ditumpangi shefa tiba. jam 00.00 mulai perjalanan kesawarna via pelabuhan ratu sukabumi. beberapa peserta memilih tidur selama di mobil, sementara gw dan ferly memilih melek menemani rai mengemudi.

8 desember 2012

02.30 tiba disalah satu supermarket dipelabuhan ratu, belanja logistik dan peregangan otot :D

sekitar 30 menit kemudian kami meneruskan perjalanan, mengingat kami belum pernah ada yg kesawarna maka nyasar adalah hal wajib. ya nyasar hingga bayah :D

setelah diarahkan oleh salah seorang penduduk yg kami temui akhirnya bisa tiba diparkiran sawarna jam 5.30. penginapan yang kami pilih milik kang hendy dengan tarif 120.000/orang + 3x makan. setelah membayar tiket sebesar 3000/orang kami mulai melangkahkan kaki di jembatan gantung sebelum tiba dipenginapan. saya yang memiliki trauma dengan jembatan gantung terpaksa mengingatkan yang lain untuk tidak menggoyangkan jembatan :(

50 meter selepas jembatan gantung kami tiba dipenginapan kang hendy, disambut kang hendy serta sarapan. sarapan dan istirahat sebelum main kepantai, mengingat beberapa orang belom istirahat sepanjang jalan.

Gambar

kayak yang iya aja liat liat peta :p

[000066]

ngimpi apa nih anak

jam 8 bergegas kepantai, sekitar 15 menit tiba dipantai. foto foto dan berjalan menyusuri pantai hingga pantai tanjung layar. kondisi pantai sawarna masih bersih dan tidak terlalu ramai pengunjung. berbeda jauh dengan ujung genteng atau pantai pelabuhan ratu. sementara tanjung layar mudah dikenali dengan adanya batu atau karang ya 2buah setinggi mungkin 30 meter.

[000071]

pemandangan sepnjang perjalanan ke pantai

[000069]

pasukan hitam hitam

[000107]

tanjung layar

[000079]

bersih dan sepi

155934_10151285205739438_1708103841_n

disalah satu dinding tanjung layar

316657_10151285206074438_1973213805_n

muka belom mandi :D

  setelah puas foto foto, liat liat ikan, ngintip model bohay foto foto, kami memilih menikmati kelapa disalah satu warung dengan tarif 6000/butir (murah :D). dan kebiasaan mencela pun muncul sepanjang kami disalah satu saung warung tsb. mulai dr torres maen kesawarna, bule saraf dan berbagai obrolan yg cukup bikin kami tertawa. sampai akhirnya saya tertidur sebentar :D

jam 11.00 kami kembali kepenginapan, tiba dipenginapan mulai aktifitas membersihkan badan. tak lama kami dipenginapan hujan deras turun hingga malam. akhirnya sepanjang hari itu kami memilih memulihkan kondisi badan dipenginapan.

IMG_20121208_113152

IMG_20121208_114426

selepas makan malam sekitar jam 9 mlm kami sempat jalan jalan ke kota bayah. selain rai ingin mencari rumah saudaranya dibayah, niat lainnya menghabiskan malam setelah kami terkurung hujan di penginapan seharian :D. bayah malam itu tampak sepi, hanya segelintir orang dan tukang dagang disekitar terminal.

dan disinilah awal perjalanan pulang yg memakan waktu hingga 10 jam, berawal dr penunjuk jalan yg bertuliskan pantai bageudur. setelah cari info dr pedagang sekitar dan diperoleh informasi sekitar 1 jam dari bayah untuk ke pantai bageudur.

pulang kepenginapan sebagian tidur sementara gw, gopak dan ferly memilih ngobrol diteras hingga jam 2 dini hari.

9 desember 2012

05.30 terbangun akibat alarm dr hp shefa, sementara pemilik hpnya malah asyik pules :(

sambil nunggu sarapan kami kembali kepantai sebelum pulang hingga jam 9 pagi. puas foto foto kembali kepenginapan, mandi, sarapan, packing bawaan.

IMG_20121209_061416

IMG_20121209_062027

IMG_20121209_064453

ada oggie

IMG_20121209_061329

IMG_20121209_090750

persiapan pulang

IMG_20121209_090743

persiapan pulang

setelah sarapan, packing kami bersiap pulang. pagi itu kami pamit ke istri kang hendy kebetulan kang hendy sedang keluar. jalan pulang yg akhirnya dipilih adalah via malingping karena kami hendak mampir kepantai bageudur dulu (niatnya).

sebelum tiba diparkiran jembatan gantung menanti kami. pagi itu ramai juga yg baru tiba hendak mengunjungi pantai sawarna, akibatnya kami terpaksa antri melintasi jembatan gantung

IMG_20121209_091353

antri dah

IMG_20121209_091900

selepas membayar parkir sebesar 26000 kami bergerak meninggalkan sawarna menuju bayah. dipertigaan depan terminal bayah kami belok kiri kearah pantai bageudur. sepanjang jalan menuju bageudur (awalny) kami disuguhi pemandangan pinggir pantai.

selepas pasar malingping kami dihadapkan pertigaan, dan kami memilih kekanan karena berpikir ini jalur ke bageudur (awal tragedi). sekian km selepas pasar malingping jalan berubah naik turun, dan masuk hutan (yang akhirnya saya ketahui dari kang hendy kami melalui jalur gunung kencana)

setelah sekian jam kami disuguhi jalur naik turun, tepat jam 14.00 kami tiba di alun alun rangkas bitung. pantai bageudur ga jadi dikunjungi akibat nyasar. di rangkas bitung istirahat, dan sholat.

IMG_20121209_103616

view menuju malingping

IMG_20121209_103605

view menuju malingping

IMG_20121209_115150

antah berantah

IMG_20121209_114915

antah berantah

IMG_20121209_133234

1 molor, 1 mabok :D

IMG_20121209_141810

alun alun rangkas bitung

IMG_20121209_141817

alun alun rangkas bitung

selepas istirahat kami melanjutkan perjalanan menuju jasinga, kondisi jalur menuju jasinga agak lebih baik dr jalur gunung kencana. selepas jasingan tujuan kami terminal baranangsiang untuk menurunkan shefa, ferly dan pram. tepat jam 7 kami tiba di baranangsiang, lanjut mengantar kang hadi dan gopak kerumah kang hadi. jam 8 malam saya dan rai tiba dirumah masing masing

usai sudah trip reunian team dagelan, maaf klo tulisannya seadanya :D

terima kasih banyak :

- Allah SWT atas nikmat keindahan yang Kau beri

- team dagelan (kang hadi, gopak, rai, ferly, shefa, pram)

- kang hendy untuk penginapan dan suguhannya

foto lengkap di facebook gw

 

 

Lanjut Baca »

udah lebih dari sebulan trip ini dilaksanakn, baru sekarang keluar catpernya sorry ah sibuk whatsappan  :D

ini sebenernya ajakan temen buat ke papandayan, meski pelaku akhirnya ga ikut :p. buka ajakan di facebook terkumpul sekitar 30an peserta, karena seleksi alam akhirnya berguguran satu persatu.

21 september

kampung rambutan kembali jadi meeting poin, jam 9 tiba disana ada sachi yang berniat mengantar rombongan. satu persatu datang mulai dari robie, fandi, dianto, rangga, arul, jawir, eko dan rombongannya (salman, harry yudha dan pasangan).

jam 10 sachi pamit pulang, jam 11 kami menaiki bus jurusan garut. ya seperti biasa tidur di bus :D

22 september

sekitar jam 4.30 dinihari tiba di terminal guntur, cari kamar mandi sebagian nunggu dipinggir jalan. jam 6 datang satu peserta teddy dari bandung. cari carteran mobil dan meluncur menuju cisurupan, tiba di cisurupan langsung naek mobil bak. dan disini peserta brtambah 2 orang (ozzy dan jono).

jam 8 tiba di camp david, sarapan, packing ulang dan mulai bergerak menuju pondok saladah. selama perjalanan dikawah tidak lupa poto poto :D

setelah melewati kawah rombongan terpecah menjadi 2, sebagian lewat hutan mati, sebagian lewat lawang angin.

jam 11 lewat tiba di pondok saladah regroup dengan bobi yg sudah tiba sehari lebih dulu bareng mbak mukty. makan siang, tidur siang dan rencana tegal alun pun bubar seiring dengan didirikannya tenda :ngakak

aktifitas siang itu disaladah nonton yg lagi dilantik :D

saat itu dipapandayan sedang kemarau, terlihat dr rumput rumput yg kering juga air yang mengandalkan dr pipa pipa. alasan ini pula yg memperkuat kami menggagalkan rencana tegal alun :p

menjelang malam sebagian memilih tidur ditenda, sementara sebagian lagi memilih menikmati bintang diluar tenda. menjelang tengah malam tersisa gw, jono, mbak mukty dan bobi saja yg bertahan diluar tenda sebelum akhirnya gw & jono tertidur ketika sedang asyik asyiknya ngobrol.

jam 1 dini hari terbangun dan tersisa jono sebelah gw, langsung ngacir ke tenda diikuti jono (insiden saat masuk tenda disensor :D)

23 september

jam 7 bangun (klo ga salah liat jam), sarapan, packing foto foto, dan turun ke camp david. saat perjalanan turun beberapa rekan saya liat melalui jalur dinding sebelah kiri mengikuti arahan jono. sementara saya dan sebagian lainnya melalui jalur kawah.

jam 12 tiba di camp david, sesuai perjanjian diwarung camp david kami hanya minum kopi dan cemilan. jam 1 mulai bergerak menuju terminal guntur dengan mobil carteran. tiba diterminal sempet nyari pesenan kawan meski akhirnya gagal (sorry).

teddy undur diri lebih dulu mengingat dia beda tujuan pulang dengan yg laen. jam 14.an naik bus jurusan jakarta. dan tiba di pasar rebo jam 6.30 mlm.

saya lanjut kebogor dengan bis dan tiba dirumah jam 8 mlm :D

sekian catoper yg amat singkat ini, maaf tulisannya berantakan. sesuai motto blognya, blog aing kumaha aing :D

terima kasih teramat sangat

Allah SWT masih diijinkan menikmati kebesarannya

team (arul, fandi, robbi, rangga, eko, salman, harry dan pasangan, jono, ozy, mbak mukty dan bobi, teddy, jawir, dianto)

dan semua yg sudah turut mendukung :cipok:

foto full di mari

team kecer tegal panjang

team kecer tegal alun

“kang serius nih jalurnya…” tanya popoy ketika melihat jalur menuju tegal panjang yg amat rapat.

“iya, udah lanjut aja terus insya Allah sampe…” ucap saya setengah ga yakin melihat jalur yg tertutup

kekhawatiran saya berakhir begitu melihat hamparan rumput depan mata. Alhamdulillah tiba juga ucap saya ketika kaki mulai memasuki kawasan tegal panjang.

perjalanan ke tiga saya menuju tegal panjang setelah perjalanan pertama dan kedua (februari 2011 dan Juni 2011). sebetulnya niatan awal saya hanya ingin mengunjungi pondok saladah, tapi beberapa kawan mengajak untuk mengunjungi tegal panjang. ya pilihan pun jatuh ke tegal panjang. sebelum memutuskan tanggal keberangkatan saya coba bertanya kepada salah satu kawan (eko prasetyo) yg jugabaru mengunjungi tegal panjang, mengingat setahun lalu tepat di bulan juni ketika saya berkunjung kesana kondisi tegal panjang hangus terbakar. (baca disini )

eko mengabarkan rumput tegal panjang sudah hijau lagi, ok sip berangkat. mulai cari tanggal keberangkatan. dan 17-18 juni terpilih sebagai hari H, lanjut cari peserta dan alhamdulillah kena 33 orang (gabungan antara kaskus OANC dan Petualang 24)

16 juni 20.00

bus Agramas yg membawa saya dr bogor ternyata tiba lebih cepat dr perkiraan, akibatnya saya sendirian di terminal kampung rambutan. untung ga berselang lama popoy dan kapenk tiba. satu persatu peserta tiba di meeting point, sementara rombongan petualang 24 dengan komandan Nadya bergerak dr bandung menuju camp david, dan rombongan elf dengan komandan om sukrib baru berangkat tengah malam.

tengah malam rombongan mulai menaiki bus jurusan garut, ga banyak aktifitas selain tidur,… :D
17 juni 2012 

kami tiba diterminal guntur garut bertepatan dengan kumandang adzan subuh, sebagian peserta langsung menuju mesjid terdekat dan toilet.

menjelang terang kami bergerak menuju cisurupan dengan carteran angkot seharga 10.000/orang.

tiba dicisurupan saya lupa jam berapa, langsug mencari angkutan mobil bak terbuka menuju camp david. dan didapat dengan harga 10.000/orang lagi :D

cisurupan sabtu pagi

gerbang cisurupan

menuju gerbang cisurupan

4-6 4-6 yg kecil dipangku….

ketika hendak menaiki mobil bak, saya dikagetkan dengan kehadiran sesosok pria lucu yang mengaku bernama Jony. meski akhirnya diketahui beliau Jono salah satu peserta yg berangkat dr bekasi seorang diri :)

tiba di camp david lupa lagi jam berapa, regroup dengan rombongan elf. dilanjut sarapan sambil menanti kedatangan rekan petualang 24 yg baru bergerak jam 5 dr bandung.

dicamp david terjadi sedikit perubahan rencana, rombongan elf memilih ke tegal alun setelah mendapat penjelasan dr porter sana. dan rombongan yg lain pun mulai bimbang antara tetap ke tegal panjang atau belok tegal alun, saya pun sempat bimbang mengingat kondisi jalur yang akan dilewati (ini pertama kali saya menggunakan jalur papandayan – tegal panjang – papandayan)

saya putuskan kami menemui bobi terlebih dahulu yang sudah menunggu di lawang angin.

menjelang jam 8 pagi rombongan bandung tiba, setelah perkenalan dan sedikit pemberitahuan mengenai perubahan rencana mereka mempersilahkan kami bergerak terlebih dahulu.

perjalanan dimulai setelah terlebih dahulu diawali do’a bersama yang dipimpin bang Anwar. kondisi cuaca yang panas ditambah jalur kawah yang gersang membuat saya dan beberapa kawan berjalan lambat.

do’a bersama

bergerak menuju area kawah

itu kawah bukan area spa

papandayan

dipersimpangan jalur ke hutan mati dan lawang angin, saya berbelok ke arah lawang angin sementara rombongan om sukrib (kecuali andre) lurus menuju hutan mati.

dilawang angin berjumpa dengan bobi, dan langsung mengutarakan rencana perubahan lokasi. namun bobi di dukung peserta yang penasaran dengan tegal panjang memilih opsi awal mengunjungi tegal panjang. akhirnya tegal panjang tetap menjadi pilihan kami untuk dikunjungi, dilawang angin kami sempatkan beristirahat sembari menunggu rombongan Nadya.

menuju lawang angin

lawang angin

setelah rombongan nadya tiba dilawang angin, menjelang jam 12 siang kami memulai perjalanan menuju tegal panjang.

aduh… aww.. awas duri.. ati ati ada akar… suara suara terseut keluar dr mulut kami sepanjang perjalanan menuju pos 1. sekitar 1 jam kemudian kami tiba di pos 1, istirahat bentar.

pos 1

istirahat sekitar 20 menit kami melanjutkan perjalanan. kata kata aduh.. aww.. awas duri.. ati ati akar… kembali terulang, hanya kali ini ada tambahan suara dr seorang wanita yang mengaku memiliki tubuh langsing dan semok yg selalu mengatakan katanya ada mekdi…. :)

menjelang jam 3 sore kami tiba di tegal panjang, langsung menuju tepian hutan tempat saya biasa ngecam. jam 3 lebih dikit om bosy memutuskan kembali pulang mengingat sabtunya beliau ada acara. sempat mencoba menahan karena khawatir dengan kondisi jalur ditambah resiko kena gelap di perjalanan.  namun setelah beliau mengatakan akan kembali ke tegal panjang klo merasa tidak yakin dengan jalur yg dilewati akhirnya saya ikhlas melepas :D

area camp

setelah berbagi lapak tenda aktifitas sore hingga malam diisi masak, makan, ngobrol, masak, makan, ngobrol hingga tengah malam.

18 juni 2012

jam 6 pagi terbangun akibat dingin, rencana jalan jam 8 pagi nampaknya bakal gagal. setelah sarapan dan packing dilanjut poto bersama, kami baru meninggalkan tegal panjang jam 10.30 (tuh kan!!)

meninggalkan tegal panjang

foto bareng depan area camp

meninggalkan tegal panjang

meninggalkan tegal panjang

sepanjang perjalanan menuju pos 1, sempat aga bingung dengan kondisi jalur yg tertutup dan adanya beberapa percabangan.

kurang lebih 1 jam kemudian kami tiba di pos 1, istirahat lagi kecuali andre ditemani jono yg memilih lanjut mengingat andre di tunggu rombongan elf.

jam 12 lanjut menuju guberhut, dan setelah berjalan 1jam 15 mmenit kami tiba di guberhut :D

guberhut

rehat sebentar di guberhut lanjut ke lawang angin, dilawang angin kami beristirahat cukup lama sambil makan siang (makan angin) :D

Lawang Angin

jam 1 lebih banyak, lanjut turun menuju camp david. sepanjang perjalanan meuju camp david tidak lupa hal wajib mesti dilakukan, foto foto :)

menjelang ashar kami tiba di camp david, dan kami tidak sempat bertemu rombongan elf yang sudah ngacir duluan. nasi goreng + kopi jadi santapan kami sore itu. setelah bersih bersih dan ganti baju, mulai nego mobil untuk mengantar kami turun ke terminal guntur. disepakati harga 17000/orang hingga terminal guntur.

menjelang magrib kami tiba di terminal guntur, sebagian peserta mulai menaiki bus jurusan lebak bulus sedangkan sisanya ngamen dulu sembari nunggu bus jurusan kampung rambutan :D

menjelang tengah malam kami tiba di kamp rambutan, saya sendiri lanjut menuju bogor.

kecer papandayan berakhir sudah, sampai jumpa lain waktu. maaf  klo ada kekhilafan  :D

Terima kasih :

- Allah SWT atas ijinnya saya kembali bisa mengunjungi papandayan

- OANC & Petualang 24

- team Tegal Panjang ( andre, bobi, sachi, andhin, adhit, fandy, reza, robie, nadya dan team petualang 24, jono, popoy, ais,  om bosi) 

- team Tegal Alun (om sukrib & putra, bang Anwar, Bodrexx, om derry + istri, her1 & istri, om barkah dan rombongan, om sinchan)

- teh Ikah untuk nasgor dan kopinya

- juga buat semuanya terima kasih teramat sangat :D

 

estimasi biaya :

- jakarta – terminal guntur 35.000

- terminal guntur – cisurupan 10.000

- cisurupan – camp david 10.000

- biaya masuk 2000/orang

- camp david – terminal guntur 17000

- terminal guntur – kamp rambutan 30.000

lempar handuk menyerah….

lelah yg belakangan ini melanda

hanya sesal yg kini tersisa

mencoba bertahan namun tak kuasa

ku akui aku kalah

 

aaaarrrggggghhhh!!!!

hey bintang hiasi malamnya dengan sinar mu….
hey malam jangan biarkan dia kesepian dalam gelapmu…
mentari pagi sinari harinya dengan cahayamu, dan sampaikan padanya aku rindu… :( :(
 
 
Tuhan Jaga dan lindungilah dia…..

berawal dari keinginan saya untuk bisa mengunjungi gunung galunggung, ide tersebut disampaikan ke kang hadi yang langsung menyanggupi. mulai cari tanggal yang pas dan peserta. setelah melalui proses perundingan dan meditasi akhirnya dipilih tanggal 17-18 sepetember 2011.

dilanjut dengan menjaring peserta, sebagai kang hadi biang racun dan saya sebagai pemandu sorak. ada yang menyanggupi, ada yang minta diundur, ada yang gak bisa, dan bahkan ada yg mundur pas hari H (ini si ratu preman jatinangor :p)

teminal kampung rambutan jadi lokasi yang dipilih sebagai meeting point keberangkatan sebagian peserta, sementara kang maman beserta rombongan menanti di terminal indihiang tasik.

16 september

keluar rumah jam 5 sore langsung menuju pool damri lokasi kumpul peserta dari bogor, disana sudah menanti agus, sementara kang hadi langsung meluncur ke kampung rambutan selepas kerja. setelah ketemu agus dilanjut menunggu abi yang datang hampir jam 8 malam. setelah lengkap bergegas menuju terminal baranangsiang numpak bus ke terminal rambutan.

tiba di kampung rambutan sudah ada affan menanti, satu persatu peserta datang kang hadi, nanoenk + juny chunet, bodrexx, angan & vidia, awaludin, andina, rina yuli, agung, terakhir tiba eric dan cobuzz.

sempat bertemu dengan kang anwar sembalun yang juga lagi nunggu jemputan ke cibodas, mencoba menawarkan racun supaya ikut ke galunggung ternyata gagal. sekitar pukul 23.30 kami menuju tasik dengan bus primajasa. gak banyak aktifitas didalem bus, stress sopir nya ngebut.

17 september 2011

jam 4 kurang bus tiba di terminal indihiang tasik, langsung nyari rombongan kang maman. rombongan kang maman terdiri dari 4 orang (kang maman, kang martiaz. mba mira, dan om dery). setelah semua peserta kumpul mulai koordinasi soal angkutan menuju galunggung.

setelah nego harga dengan sopir akhirnya dipilih 2 mobil untuk mengangkut peserta (ini sih pasti gara gara sopirnya yang gaoooollll….). sepanjang jalan menuju galunggung sempet was was juga dengan mobil yang saya tumpangi, apalagi pas sang sopir idaman bilang “tenang weh, moal peupeus ban na ka galunggung mah…” (tenang aja, gak bakal pecah bannya kegalunggung mah)  :hammer:

tujuan kami sebelum ke caldera galunggung adalah air terjun dan pemandian air panas. tiba di parkiran air panas jam 5.30 pagi disambut dengan gonggongan anjing. om sopir sempat menyampaikan untuk ke tangga ga usah ikutin jalan aspal tapi lewat hutan disebelah kanan parkiran, setelah selesai urusan tagihan pembayaran, serta janji untuk menjemput esok paginya di parkiran tangga sopir beranjak meninggalkan parkiran di iringi dadah dari peserta… :D

parkiran air panas

sepanjang perjalanan menuju air terjun kami melewati beberapa kolam air panas dimana sudah banyak orang yang berendam pagi itu. sekitar 20 menit dari gerbang kami tiba di air terjun, dan hanya kekecewaan yang kami dapat ternyata air terjunnya kering… :(

jalan setapak menuju loket

muter balik kesalah satu kolam yang kosong, taro barang bawaan di salah satu saung. dilanjut dengan merendam kaki, ada juga yang mandi…

rendem kaki, 30 menit pasti mateng

mandi dah

selesai mandi dilanjut dengan mencari sarapan diwarung yang terdapat disekitar pemandian. sepanjang perjalanan menuju warung kami dsuguhi kehadiran beberapa ekor orang hutan.

sarapan diwarung, ngupi, ngudud sampai jam 9 pagi kurang lebih. perjalanan dilanjut menuju hutan dengan kang maman sebagai leader, medan awal landai lama lama nanjak. di pos 1 istirahat foto foto juga :D

kondisi medan

abis emam sebelum jalan foto dulu

foto dulu di pos 1

perjalanan dilanjut menuju pos 2, di awali tanjakan gak lama landai lumayan panjang sebelum nanjak lagi… :(

tiba di pos 2 istirahat lagi :D

perjalanan dilanjut dengan medan tidak beda jauh, sekitar 15 menit jalan terdengar suara motor…

ndars : “lah ada suara motor..”
agung : “iya kang abis ini ketemu aspal..”

“ketemu aspal” otak saya berkata bentar lagi nyampe tangga. keluar hutan ketemu aspal dan ternyata masih jauh ketangga. ngadem dulu di pinggir jalan sambil nanya kebeberapa pengemudi motor yang lewat berapa lama lagi ke tangga, rata-ratapengemudi yg kami tanya bilang 500 meter.

aspal, tapi bukan ujung aspal :(

lanjut jalan lagi sebagian ikut kang maman lewat hutan, sebagian lewat aspal. ternyata nanjak juga lewat aspal. istirahat bentar dilanjut lagi lewat jalur pasir, masih tetep nanjak. sekitar 30 menit jalan akhirnya sampai juga di belakang warung dipinggiran parkiran galunggung. istirahat lumayan lama disini sebelum mulai menapaki tangga.

semangat kang martiaz, mba mira. dibelakang saya ngos ngosan... :(

foto ditangga sebelum mulai nanjak...

istirahat selesai, foto foto selesai, mulai meniti tangga. ada yang konsentrasi ngitung anak tangga, ada yang ngos ngosan sambil megang dengkul, ada juga yang balapan naek tangga (saraf balapan kok di tangga…)

tiba di atas tangga, duduk dipinggiran sambil memandangi danau galunggung dari atas. setelah ngumpul semua sebagian ada yg sibuk foto foto, ada yang sibuk nanya jumlah tangga. ternyata semuanya ga ada yg sama ngitungnya, ada yang 621, 618, 628… :D

nanjak... nanjak....

memandangi danau galunggung dari atas

puas liatin danau, mulai menuju jalur turun ke danau, tepat jam 2 siang kami tiba di danau galunggung. 10 tenda kami dirikan di pinggiran danau, lanjut masak makan siang, sebagian nyari sumber air karena air danau terasa amis.

aktifitas dari sore hingga malam gak jauh dari ngerumpi, masak, ngerumpi, masak, bobo… :D

ngerumpi

18 september 2011

aktifitas minggu pagi dimulai dengan memasak sarapan, selesai sarapan sebagian peserta berkeliling area danau. dikarenakan sebagian peserta mewarisi gen sebagai model, acara foto foto pun jadi hal yang wajib dilakukan :D

 puas berkeliling, foto foto, dilanjut packing. dan jam 11.00 kami mulai meninggalkan danau menuju parkiran. dan ternyata sopir angkutan menjemput kami hingga danau (tanpa bawa mobilnya ya..)

tiba di atas danau dengan ngos ngosan, istirahat sambil menikmati jelly yg dibuat bodrexx. puas dengan jelly meneruskan perjalanan menuju parkiran. ada beberapa peserta yang meilih jalur turun melipir ada juga yg memilih melalui anak tangga. perjalanan turun melalui tangga nyaris membuat saya gagal dengkul.

skip skip nyampe pool primajasa dengan diantar om sopir tersayang jam 1 siang. lanjut aktifitas membersihkan badan, dan menanti bus menuju jakarta. sebagian peserta ada yg makan siang juga.

jam 2 siang bus jurusan rambutan hampir berangkat, sementara ada 2 peserta yg belom datang. terpaksa berpisah disini. kami tiba di kampung rambutan jam 8 mlm, sementara team ke dua tiba jam 8.30.

sempat terjadi musibah dengan salah satu peserta agus, yang harus merelakan dompetnya berpindah tangan.

dan akhirnya kecer galunggung pun berakhir

terima kasih :

- Allah SWT

- team kecer galunggung (kang hadi, abi, eric, andina, rani yuli, angan, vidia, affan, kang maman, kang martiaz, mba mira, om dery, bodrexx, nanoenk, juny chunet, awaludin, agung, agus, eric, cobuzz)

- OANC

- dan semua pihak yang sudah membantu kami….

estimasi biaya :

- primajasa jkt-tasik 50.000/orang (eksekutif)

- carter angkutan terminal indihiang – galunggung 200.000/mobil

- tiket pemandian air panas 10.000/orang

- carter angkutan galunggung – pool primajasa tasik 200.000/ mobil

- primajasa tasik – jakarta 50.000/ orang (eksekutif)

maaf klo tulisannya jelek, saya bukan penyair hanya seseorang yang menorehkan catatan perjalanan untuk saya kenang suatu hari nanti…

terima kasih kawan kawan baru, saudara saudara baru saya….

“temenin tegal panjang yuk kang….” ajakan juny angan melalui pesbuk beberapa waktu lalu.

“oke tentuin waktu, dan jumlah peserta…” jawab gw.

mengingat perjalanan ke tegal panjang membutuhkan biaya lumayan besar dan waktu  itu tanggal yang dipilih adalah akhir bulan. saat dimana dompet sedang menjerit jerit minta diisi, sehingga dirasa klo disharing dengan beberapa orang terasa agak ringan.

tanggal 25 – 26 juni dipilih, mulai nebar racun. sayang peserta dari team  susur jalur tegal panjang bulan februari lalu cuma gw yg berangkat.

berbekal info dari anwar yg 2 minggu sebelumnya berangkat kesana dan ingetan gw soal jalur mulai lah gw ma juny menyusun jumlah peserta dan tenda dikarenakan disana tidak tersedia losmen apalagi hotel… :p

24 juni 2011
sekitar jam 19.30an gw berangkat dr bogor sendiri menuju terminal kampung rambutan. meeting point ditentukan di terminal rambutan mengingat sebagian peserta berasal dr jakarta (klo diterminal bungur asih kejauhan..)
jam 21.00an tiba di terminal kampung rambutan, langsung menempati bangku tukang soto depan terminal. makan malam sembari nunggu peserta. agus muchsoni diakhir deadline menyatakan ingin ikut tapi mesti nunggu beliau pulang kerja jam 23.00, gw oke in dengan pertimbangan lumayan peserta nambah juga ada temen ngerokok :D
selesai makan mulai sms in peserta yg lain ngabarin klo gw udah di lokasi. rangga bilang sedang di bus menuju terminal, eric bilang 5 menit lagi sampai, sementara untuk juny gw bilang rencana ngumpul jam 9 mlm mundur ada peserta baru datang jam 10an supaya ir agus bisa ikut (sorry ya jun…:p)

eric datang pertama langsung menyapa gw yg duduk sebelah tukang teh botol, kenalan (tanpa cipika cipiki ya…) ngobrol tentang rencana perjalanan dan pengalaman beliau selama di singapura (bukan singaparna). 20 menitan kemudian rangga datang menyusul, dilanjut dengan kedatangan juny sekitar 30 menit kemudian dengan seorang teman wanitanya Rani. sekitar jam 23.30an agus tiba dilokasi, kenalan dengan semua peserta sembari nunggu bus jurusan bandung. 1 jam kemudian bus jurusan bandung tiba langsung naik, sementara gw sama agus asyik ngobrol di ruang smoking area hingga hampir tiba di bandung.

sabtu 25 juni 2011 (nyaris subuh)
tiba di leuwi panjang hampir jam 3, dilanjt dengan beristirahat dan berbelanja logistik di toko sebelah leuwipanjang. keputusan untuk mencarter mobil menuju desa cibutarua dipilih, mulai negosiasi dengan sopir. disepakati harga 300.000 untuk mengantar kami menuju desa cibutarua. jam 4 subuh mobil mulai meninggalkan leuwi panjang menuju desa cibutarua, peserta mengistirahatkan badan sementara sopir tetap mengendarai mobil (klo ikutan istirahat siapa yg nyetir)

jam 6 pagi mobil mulai memasuki perkebunan malabar, disini kami disuguhi pemandangan kebun teh dan bukit yang berselimut kabut

jam 7.30 tiba di depan mesjid cibutarua, disini di isi dengan beristiraha, pipi*, juny dan rani sempat berfoto bersama dgn anak anak desa cibutarua. dengan diantar 3 orang bocah tersebut kami menuju sebuah warung untuk membeli bekal nasi bungkus sebagai makan pagi.
belanjan makanan beres, packing beres, setelah berpamitan dengan anak anak tersebut kami bergerak menuju desa papandayan.

rani dan anak anak desa cibutarua

 

juny dikelilingi anak anak desa

rani, rangga, eric didepan warung nasi

pemandangan menuju desa papandayan

desa papandayan hanya kami lewati, langsung menuju perkebunan teh PTPN. tidak lama memasuki perkebunan langsung nyari lokasi yang enak untuk makan pagi. disebuah persimpangan, dibawah pohon rindang dengan pemandangan kebun teh sejauh mata memandang  kami menikmati makan pagi yang kami beli diwarung tadi.

emaaaaaaaaaaaammmmmmmmmmm.........

selesai makan perjalanan dilanjut menuju perkebunan munjul, selama perjalanan gw rada was was mengingat ingat jalur manuju pintu hutan. diperkebunan munjul menuju cikoleti kami mengambil jalur normal tidak memotong seperti yang dulu kami lakukan. nyasar ya bener saja kami terpental drjalur menuju cikoleti, setelah memotong jalur perkebunan teh jalur jalur cikoleti terlihat. dr cikoleti dilanjut menuju pintu hutan, dan lagi – lagi kami terpental dr jalur. lebih jauh malah.

gw jalan terlebih dahulu sambil mencari jalur yang bener. sempet kaget pas nengok ke belakang ternyata rombongan gak ada, ternyata lagi asyik istirahat dibawah pohon. ya saya tergoda pula untuk istirahat.

nyasaaaaaaaarrrrrrrrr............

ngadem....

bobo.... :o

masih ada yang bobo....

setelah istirahat, perjalanan mencari pintu hutan dilanjut. selain menggunakan sisa ingatan gw, disini kami menggunakan teknik navigasi punteun :D

tiba di pintu hutan hampir jam 11, kondisi cuaca panas dan masalah dengan perut salah satu peserta berakibat kami berjalan lambat (kan namanya juga kita mah piknik :D )

jam 11.30 perjalanan dilanjut dengan memasuki hutan, beberapa lama jalan kami melewati sebuah aliran sungai kecil. selama perjlanan beberapa kali kami menyempatkan beristirahat. obrolan selama istirahat antara lain politik sampai banci.

jalur menuju tegal panjang bervariasi, turun naek dataaaaaaarrrrr. sempet nyasar ketika menemukan aliran sungai ke dua yang lumayan deras. agus sempat bilang lurus sementara gw setengah yakin bilang nyebrang. soalnya waktu itu yg gw inget kami menyebrangi sungai kering, mungkin sekarang sungainya keisi aer dr gunung pikir gw. ternyata gw salah, jalur yg dipilih semakin rapat. akhirnya negosiasi dengan agus dan mamilih jalur yg pertama ditunjuk agus, insinyur emang pinter jalur kami temukan seiring dengan gw melihat stringline yg dulu dipasang team gw :D

topik pembicaraan disini adalah banci....

disini topiknya politik dan keadaan negeri tercinta....

sekitar jam 16 lewat banyak, kami tiba di tegal panjang. hamparan rumput tegal panjang yang dulu menguning sekarang terlihat hitam akibat terbakar. entah akibat panas cuaca atau perbuatan manusia, gw gak tau cuma surga tersembunyi itu terlihat rusak :(

istirahat sebentar, sambil foto foto dan menggerutu soal kondisi tegal panjang. sempet juga khawatir dengan kondisi air disini, takutnya ikut kering.

rumput kuning itu kini menghitam... :(

rumput kuning itu kini menghitam... :(

ketika dirasa suhu semakin dingin kami bergegas menuju lokasi camping dipinggiran hutan. dan kekhawatiran saya bertambah besar karena salah satu aliran sungai kecil disana kering. beruntung dilokasi dekat camp masih tersedia air.

menuju area ngecamp...

 

mulai bagi lapak tenda (gw bareng agus, rangga bareng eric, juny bareng rani), selesai bangun tenda, masak, kami gak lama lama berada diluar tenda selain karena mulai gelap suhu diluar sangat dingin.

mlm itu suhu ditegal panjang teramat dingin, ditambah angin kencang berakibat sulit tidur. selepas tengah malam baru bisa bobo nyenyak….

minggu 26 juni 2011

terbangun jam 6 karena mendengar suara rangga bernyanyi dengan iringan tepuk tangan eric. suhu pagi itu pun masih dingin, memasak jadi pilihan untuk mengurangi hawa dingin. niat pagi pagi jalan dr tegal panjang ternyata meleset.

chef eric & chef rani

selesai makan, packing, dan bersiap meninggalkan tegal panjang tepat kan 10.00. berjalan kepintu hutan dengan tujuan gunung papandayan. selepas pintu hutan kami disuguhi tanjakan lumayan panjang, karena ini piknik lepas dari tanjakan istirahat deh :D

menuju pintu hutan

selepas rehat perjalanan dilanjut, kondisi hutan yang rapat ditambah banyaknya pohon tumbang lumayan memperlambat jalan kami. beberapa kali kami beristirahat, istirahat lumayan lama ketika berada disebuah shelter yang luamayn bisa menampung 4 tenda. disini kami mengisi ulang air juga makan siang.

istirahat

istirahat, isi ulang air, makan siang...

selepas istirahat perjalanan dilanjutkan dengan tujuan guberhut papandayan. alhamdulillah tepat jam 14.00 kami tiba di guberhut, disini kami beristirahat lumayan lama. topik pembicaraan disini soal makanan dan AO, tidak lupa juga foto foto :D

guberhut

full team

dengan latar kawah papandayan

jam 15.00 mulai bergerak menuju parkiran papandayan, rencana menuju pondok saladah dicancel mengingat hari sudah sore khawatir gak ada kendaraan menuju jalan raya. kondisi kawah sore itu sepi pengunjung, hanya beberapa orang pengunjung dan petani yang kebetulan berpapasan dengan kami. sekitar jam 16.30 saya dan agus tiba terlebih dahulu diparkiran, dan langsung menuju warung ceu ika. sebenernya waktu itu ceu ika nyaris menutup warungnya, hanya karena melihat saya dia batal menutup warung. seperti biasa senyuman ceu ika menyambut ketika gw mampir diwarungnya. langsung memesan nasi goreng dan kopi hitam, sambil menunggu peserta yg masih dikawah.

diantara kawah papandayan

melintasi kawah papandayan

setelah istirahat dana membersihkan badan, kami meninggalkan papandayan pukul 19.00, dan tiba di terminal guntur 20.00.

peserta dr jakarta menaiki bus jurusan kampung rambutan dan bergerak sekitar jam 21.00. sementara gw nyangkut di terminal guntur, hingga jam 00.30. beruntung saat itu ada orang yg kebetulan nunggu bus juga dan mengajak saya ngobrol. sempet pula saya mampir diwarung mie ayam suparmin untuk mengisi perut, dan bapak itu mempersilahkan saya menunggu bus didalem warungnya

jam 01.00 saya meninggalkan garut menuju bogor dan tiba di rumah jam 6.00 pagi…..

alhamdulillah tegal panjang part 2 selesai tanpa kekurangan apapun

terima kasih untuk :

Allah SWT tanpa seijinMU semuanya hanya sia sia

orang tua

team piknik (Agus M, Rangga cp, Rani S, Frederic Y (eric), Juny Angan )

OANC

Petualang 24

ceu ika, pak suparmin, dan orang yang entah siapa namanya yg menemani saya selama menanti bus

terima kasih semuanya…. :D

 

rincian biaya :

bogor-rambutan 8000/orang

kamp rambutan – leuwi panjang 47.000/orang

leuwi panjang – cibutarua 300.000/mobil

parkiran papandayan – terminal guntur 25.000/orang

term guntur – ciawi 33.000

 

KembaliBertani

lifeisneverflat

Born to be Adventure

Life is an adventure

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.